Kunjungan Strategis Pangkoopsudnas ke Lanud RSA: The Frontliner Natuna

 

Buanatoday.com, Natuna – Dalam upaya memperkuat sinergi dan pengawasan di wilayah strategis, Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas), Marsekal Madya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., melaksanakan kunjungan kerja penting ke Pangkalan TNI AU Raden Sadjad (Lanud RSA) Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, pada Kamis (15/8/2024).
Kunjungan ini menandai komitmen kuat TNI AU dalam menjaga kedaulatan udara di wilayah perbatasan.
Pangkoopsudnas dan rombongan tiba di Lanud RSA tepat pukul 16.20 WIB, menggunakan Pesawat Super Hercules C-130 J dengan tail number A-1342 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Pesawat tersebut dipiloti langsung oleh Komandan Skadron Udara 31, Letkol Pnb Alfonsus Fatma Astana Duta, S.E., yang membawa rombongan dari Lanud Supadio, Pontianak setelah melaksanakan kunjungan kerja disana.
Turut mendampingi Pangkoopsudnas dalam kunjungan ini adalah Askomlek Kasau, Marsda TNI I Made Susila A., S.I.P., S.H., para Asisten Kaskoopsudnas, Dankosek IKN, Marsma TNI Abdul Haris, M.M.Pol., M.M.O.A.S., Kapen Koopsudnas, Dandenma Koopsudnas, Paban IV/Evlakprograr Sren Koopsudnas, Paban IV/PTTA dan AVI Skomlekau, Kasubdis UAV/PTTA Diskomlekau dan Asops Kaskoopsud I.
Kehadiran Pangkoopsudnas disambut resmi oleh Komandan Lanud RSA (Danlanud RSA) Natuna, Kolonel Pnb Dedy Iskandar, S.Sos., M.M.S., M.Han., beserta Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 17/D.I Lanud RSA, Ny. Santi Dedy Iskandar, di Main Apron Base Ops Lanud RSA Natuna. Pangkoopsudnas dan rombongan juga mendapatkan sambutan dari jajaran Forkopimda Natuna yang hadir di Lanud RSA.
Setibanya di Lanud RSA, Pangkoopsudnas menerima laporan lengkap dari Danlanud RSA yang diikuti dengan serangkaian upacara penyambutan adat. Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda memberikan pengalungan selendang dan pemasangan tanjak sebagai simbol penghormatan, yang dilanjutkan dengan tradisi tepuk tepung tawar oleh tokoh masyarakat setempat, menambah khidmat suasana.
Pangkoopsudnas melakukan kunjungan kerja di Lanud RSA selama dua hari, mulai dari 15 hingga 16 Agustus 2024.
Agenda kunjungan dilanjutkan dengan mengunjungi Skadron Udara 52. Di sela-sela kunjungannya, Pangkoopsudnas menyampaikan pesan penting kepada para personel Skadron Udara 52, agar tetap semangat dalam bertugas di pulau yang sangat strategis ini.
 “The Frontliner kebanggaan bagi para prajurit TNI AU di Natuna. Kalian bertugas di sini, ini merupakan riwayat tugas yang membanggakan dan tidak semua berkesempatan tugas di sini. Jadikanlah ini suatu kebanggaan, jadikan ini suatu cerita kalian telah berdinas di Pangkalan TNI AU terluar/terdepan,” pesan Pangkoopsudnas.
Pangkoopsudnas kemudian memberikan tali asih sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kinerja para personel Skadron dalam menjalankan tugas operasionalnya.
Pangkoopsudnas kemudian melanjutkan kunjungan ke Satuan Radar 212 Ranai, di mana Ia menerima paparan komando dari Komandan Satuan Radar 212 Ranai. Di akhir kunjungan, Pangkoopsudnas kembali menunjukkan perhatiannya dengan memberikan tali asih kepada personel Satuan Radar 212 Ranai, sebagai pengakuan atas peran penting Satuan Radar 212  dalam menjaga wilayah udara nasional.  Setelah dua hari di Natuna, Pangkoopsudnas beserta rombongan kembali ke Jakarta tepat pukul 13.45 WIB. (herman)