Buka Pelatihan Digital Marketing dan Branding Produk Angkatan IV, Kadis Koperasi Berharap Peserta Memanfaakannya Maksimal

Foto bersama Kadis Koperasi dengan Peserta Pelatihan

 

Buanatoday.com.Batam-Pelatihan Digital Marketing dan Branding angkatan IV yang diadakan di Sahid Hotel Batam Center dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Batam Hendri Arulan SPd MM Senin (5/8/2024) pagi di Sahid Hotel 2024.   Pembukaan Pelatihan diawali dengan laporan Kabid Pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro yang menyebut pelatihan diikuti sebanyak 135 orang peserta dari beberapa unsur masyarakat.  Kegiatan pelatihan akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 5 hingga besok Selasa 6 Agustus 2024.

Anggota komisi I DPRD Batam Tan A Tie sebagai mitra kerja Dinas koperasi dan Usaha Mikro Batam dalam kesempatan itu menjelaskan, pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini sangat besar manfaatnya bagi para pelaku usaha. Utamanya kepada bapak ibu yang mengikutinya saat ini. Para nara sumber akan memberikan beberapa pengetahuan tentang yang berkaitan dengan produk  UMKM mulai dari pengepakan, pengurusan ijin sehingga mempunyai NIB (inomor induk berusaha) pengurusan sertifikat halal hingga pemasaran

Tan A Tie yang senantiasa memperjuangkan aspirasi masyarakat tidak saja dari Dapilnya Lubuk Baja dan Batam Kota itu lebih jauh memaparkan kegiatan ini berkat perjuangan Kepala Dinas bekerjasama dengan Komisi I yang membidangi Koperasi dan Usaha mikro.  Dijelaskan,  tidak mudah melakukan sebuah kegiatan seperti pelatihan sekarang,  karena menyangkut anggaran atau biaya penyelenggaraan. Namun berkat kegigihan Kepala dinas yang bermitra dengan Komisi I DPRD maka kegiatan seperti sekarang ini bisa terwujud.  Karenanya, Tan A Tie meminta para peserta pelatihan agar mengikutinya dengan sungguh-sungguh.

Tan A Tie juga menyebut, kendati nanti tidak lagi anggota DPRD tetap melakukan kegiatan usaha mikro seperti kegiatan sekarang ini yang menyangkut kepentingan masyarakat banyak. Apalagi, kata Tan A Tie di organisasi INTI sebagai pengurus, akan melaksanakan yang bermanfaat bagi masyarakat tidak terbatas suatu etnis sehingga nantinya berharap bapak Kepala dinas berkenan memfasilitasinya walau dirinya bukan lagi anggota dewaan.

Senada dengan Tan A Tie, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Hendri Arulan SPd MM menjelaskan, bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan suatu yang amat penting untuk diikuti para pelaku usaha.  Banyak yang didapat dari pelatihan ini, mulai dari cara pengepakan, mengurus perijinan usaha hingga mempunyai NIB, pengurusan sertifikasi berusaha hingga sertfikasi halal, pemasaran melalui digital dan banyak yang diperoleh dari para nara sumber.  Hendri Arulan sependapat dengan anggota DPRD Tan A Tie, agar peserta pelatihan sungguh-sungguh mengikutinya sehingga nantinya dapat dipetik hasilnya setelah selesai mengikutinya.  Masalah perijinan, mendapatkan NIB .

Sedianya pembukaan pelatihan ini akan dilakukan Sekretaris Daerah kota Batam Jefridin Hamid. Namun karena masih banyak acara kegiatan yang dilakukan di waktu yang sama, maka diwakilkan, saya yang buka, ujar Kepala dinas. (timbul)

 

 

 

 

 

 

BAGIKAN:

Baca juga